Rabu, 10 Mei 2023

SOSKER UNSTRAT 2023


SOSKER (Sosialisasi Kerja) Pengurus UNSTRAT 2023, Pemaparan Program Kerja Selama Satu Tahun Kepengurusan.

Superman Galau – Kamis, 10 Mei 2023

UNSTRAT UNY- SOSKER (Sosialisasi Kerja) merupakan pemaparan program kerja pengurusUNSTRAT selama satu tahun kepengurusan kedepan kepada para anggota UNSTRAT.

Sosialisasi Kerja sendiri merupakan awal dari berjalannya sebuah kepengurusan baru di UNSTRAT. Dimana para pengurus yang baru akan memaparkan sedemikian rupa program kerja kedepannya kepada para anggota agar para anggota dapat mengetahui kedepannya program apa saja yang akan diadakan dan dapat diikuti di UNSTRAT. Acara dimulai dari pukul 19.00 WIB yang diawali dengan pembukaan oleh ketua UNSTRAT yang baru yaitu Syahdan. Para anggota dan alumni yang hadir dipersilahkan untuk duduk melingkar dan dibagikan kertas yang berisikan tentang sosker yang akan dibahas.

Pada hari itu anggota yang hadir sebenarnya cukup sedikit dibandingkan yang diharapkan. Mengingat jumlah anggota UNSTRAT yang cukup banyak. Hal ini dikarenakan karena saat itu merupakan hari libur dan masih ada beberapa anggota yang masih di kampung halamannya, tapi hal itu tidak menghalangi untuk dilaksanakannya Sosialisasi Kerja pada malam hari itu. Dimana Sosialisasi Kerja akhirnya dilaksanakan pada tanggal 6 Mei 2023.

Setelah sambutan dari ketua UNSTRAT yang baru, moderator dialihkan kepada anggota UNSTRAT yang lain yaitu Danis, yang pada akhirnya Sosialisasi Kerja secara resmi dimulai. Sosialisasi Kerja diawali dengan pemaparan visi dan misi para pengurus UNSTRAT yang baru, dimana diwakilkan oleh ketua itu sendiri yaitu Syahdan, yang dilanjutkan dengan presentasi pemaparan tentang program kerja dari bidang Kesekretariatan. Dimana mereka menjelaskan tentang program kerja dan tugas harian apa saja yang akan mereka laksanakan seperti, penerimaan anggota baru dan musyawarah anggota.

Pemaparan berikutnya beralih kepada Departemen Sastra. Departemen Sastra sendiri juga menjelaskan tentang program kerja apa saja yang akan mereka lakukan selama satu kepengurusan penuh. Pada hal ini Departemen Sastra menjelaskan bahwa tahun ini akan kembali diadakannya Antologi Puisi. Selain itu Departemen Sastra juga akan memiliki tugas harian eksplorasi sastra yang terlihat cukup menarik untuk dinantikan akan seperti apa itu nantinya.

Setelah pemaparan dari Departemen Sastra, selanjutnya dilanjutkan dengan pemaparan dari Departemen Teater. Departemen Teater sendiri memaparkan beberapa tugas hariannya yang diantara lain ada latihan harian yang rencananya akan diadakan sebanyak 16 kali mulai dari latihan dasar, menengah, dan latihan lanjut. Selain itu dari Departemen Teater sendiri juga akan mengadakan Repertoar Teater yang akan diadakan sebagai muara dari latihan harian yang kemungkinan akan dilakukan sebanyak 2-3 kali. Tidak hanya itu Departemen Teater juga akan mengadakan Eksplorasi Alam.

Berikutnya giliran Departemen Sinematografi yang akan memaparkan program kerjanya selama satu tahun kepengurusan. Dimulai dari akan diadakannya workshop produksi film. Workshop produksi film sendiri merupakan pelatihan keproduksian film yang terbuka untuk seluruh anggota UNSTRAT yang berminat, dimana bertujuan untuk menunjang program kerja dari Departemen Sinematografi selanjutnya yaitu Kala Sinema. Kala Sinema merupakan program tahunan sinema yang berupa produksi film pendek. Pada kepengurusan tahun ini direncanakan akan diadakan sebanyak dua kali.

Departemen Sinema selesai memaparkan program kerjanya selama satu tahun dan kemudian dilanjutkan oleh Departemen Artistik. Departemen Artistik sendiri tahun ini tidak memiliki program kerja yang besar, tapi memiliki beberapa tugas harian seperti, latihan harian yang akan dilaksanakan 10 kali yang terdiri dari latihan harian make up, kostum, setting, lighting, dan musik. Departemen Artistik sendiri juga menjelaskan bahwaa mereka akan lebih fokus terhadap pengadaan dan pengurusan barang-barang artistik dan juga regenerasi para pelaku artistik.

Berikutnya setelah Departemen Artistik memaparkan hal apa saja yang akan mereka lakukan sekarang giliran Departemen Perpusdok yang akan memaparkan program kerja selama satu tahun kepengurusan. Departemen Perpusdok sendiri sama dengan Departemen Artistik dimana tidak memiliki program kerja yang besar, sebaliknya memiliki banyak tugas harian. Mulai dari mengurus perpustakaan UNSTRAT, dokumentasi yang berupa surat, foto, video, media sosial UNSTRAT beserta surel, dan juga penelitian dan pengembangan. Pada kepengurusan tahun ini juga Departemen Perpusdok juga berniat untuk menghidupkan kembali web UNSTRAT yang telah mati suri. Departemen Perpusdok sendiri juga tidak muluk-muluk dalam kepengurusan tahun ini dengan cara hanya mulai memperbaiki tugas-tugas yang sebelumnya belum terlaksana dapat dilaksanakan di tahun ini.

Setelah berakhirnya pemaparan dari Departemen Perpusdok berikutnya dilanjutkan kepada Departemen Produksi. Departemen Produksi memiliki satu program kerja yang besar yaitu GAU (Gelar Aksi UNSTRAT). GAU merupakan muara dari beberapa rangkaian yang akan dilaksanakan Departemen yang ada di UNSTRAT. Seperti dari Antologi Puisi yang akan diterbitkan pada GAU, Kala Sinema yang dimana film pendek yang dihasilkan akan diputar pada GAU, dan GAU akan ditutup dengan pementasan produksi dari Teater yang dimana GAU sendiri akan direncanakan dilaksanakan pada akhir tahun 2023. Setelah pemaparan dari seluruh Departemen yang ada di UNSTRAT moderator beralih kepada anggota yang hadir untuk bertanya mengenai program kerja yang telah dipaparkan. Para anggota yang hadir bertanya tentang beberapa program kerja yang ada. Pertanyaan yang paling banyak terlontarkan adalah mengenai GAU. Seperti tentang seberapa besar GAU nanti dan akan seperti apa bentuk dari GAU nanti? Hal ini dijawab oleh pengurus yang bersangkutan bahwa GAU ini akan sebesar PPT (Pentas Produksi Teater) dan acaranya akan berbentuk rangkaian acara yang akan diadakan lebih dari satu hari seperti festival yang dimana terdiri dari lounching Antologi Puisi dan pemutaran kala sinema yang di akhiri dengan penampilan teater. Setelah semua pertanyaan telah terjawab dan para anggota puas dengan hasil jawaban yang diberikan pengurus, maka diakhiri lah Sosialisasi Kerja pada malam itu yang berakhir pada jam 22.40 malam. Moderator pun mengembalikan alih kepada para pengurus. Sosker pun diakhiri dengan doa dan salam yang dilanjutkan dengan slogan UNSTRAT yaitu “Menuju Sampai Menggenggam Selesai"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POPULER