Sabtu, 08 April 2023

FSPI 2023

 

FSPI (Festival Seni dan Pertunjukan Indonesia) yang Diikuti UNSTRAT Ditengah-tengah Bulan Puasa.

  

Superman Galau – Sabtu, 8 April 2023

UNSTRAT UNY- FSPI (Festival Seni dan Pertunjukan Indonesia) merupakan salah satu kegiatan kesenian yang ada di UNY. Festival Seni yang berbentuk lomba-lomba di bidang seni. Kegiatan Festival Seni di UNY ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2016.  FSPI ini bertujuan untuk meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler kemahasiswaan di perguruan tinggi melalui pengembangan minat dan bakat, serta juga meningkatkan dan mengembangkan apresiasi seni dikalangan mahasiswa guna memperkaya seni budaya bangsa Indonesia yang dapat memperkuat daya saing bahasa.

Lomba ini diadakan pada bulan April 2023, UNSTRAT sendiri ditahun ini mengikuti lomba dibeberapa bidang seperti pembacaan puisi, pembacaan cerpen, penulisan naskah dan lainnya. Walaupun sedang menjalankan ibadah puasa tapi teman-teman UNSTRAT tetap semangat untuk mengikuti kegiatan FSPI. Terlihat dari cukup banyaknya anggota yang ikut dalam setiap perlombaan yang ada.

Sebelum mengikuti lomba FSPI, para anggota UNSTRAT yang ikut terlebih dahulu melakukan beberapa persiapan. Salah satunya adalah latihan harian yang berjalan kurang lebih selama seminggu. Latihan tersebut bertujuan untuk memaksimalkan potensi yang ada dari para peserta agar dapat menampilkan penampilan dan performa yang baik.

Setelah melewati rangkaian latihan mulai lah kita merencanakan untuk mengambil video untuk pembacaan cerpen dan pembacaan puisi. Untuk mengambil video, Departemen Sastra bekerja sama dengan Departemen Perpusdok, Departemen Artistik dan Departemen Sinematografi, untuk prosesnya. Mulai dari mencari perlengkapan untuk merekam, artistik untuk menunjang proses perekaman videonya, dan teknis pengambilan videonya.

Akhirnya tanggal pengambilan video ditentukan di tanggal 5-6 April 2023. Dimana pada tanggal 5 April 2023 merupakan pengambilan video untuk pembacaan puisi dan untuk tanggal 6 April 2023 merupakan pengambilan video untuk pembacaan cerpen. Dihari pengambilan video walaupun mengalami beberapa kendala seperti noise pada suara sehingga banyak pengulangan dalam pengambilan video tapi hal itu dapat diatasi.

Pada akhirnya anggota UNSTRAT sendiri dapat meraih kemenangan dibeberapa perlombaan seperti Penulisan cerpen yang dimenangkan oleh Nazila diposisi juara harapan 1 dan Hanum di posisi Juara 1. Sedangkan untuk pembacaan cerpen ada Qiqi yang menempati juarajuara harapan 2 dan Fransiska di juara 1. Hal ini merupakan kebanggaan sendiri bagi UNSTRAT karena memeiliki anggota yang berkualitas.

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POPULER